Thursday, June 11, 2015

Samosir Meen.. #3 (The battle on pusuk buhit.)

(The Battle on Pusuk Buhit)

Hari ketiga di samosir, setelah kemarin bernafas pada tingginya gardu pandang tele, kami 3 orang pekok ini meneruskan tapak kaki ke Gn.Pusuk Buhit, gunung yang terkenal paling sakral bagi suku batak.

perjalanan menuju kaki gunung Pusuk Buhit.

Anak-Anak Desa Sigulati - Kaki Gunung Pusuk Buhit

Desa samping Sigulati pinggiran samosir

start Up

Sebelum muncak kami sempatkan mampir makan siang setelah perjalanan kurang lebih 45 km menyusuri pinggiran pulau samosir. Kami mampir ditempat bapak-bapak warung makan muslim. Tau sendiri kan men.. Suku batak udah budaya mereka makan guguk sama babi.. Karna kita muslim mending nyari aman aja lah ya.. Makan juga di tempat muslim. InsyaAllah aman...
Di sela-sela makan kami berbincang dengan bapak penjual warung makan tersebut. Banyak cerita mulai dari yang konon kata bapaknya Agnes Monica sama Megawati naik juga ke Pusuk Buhit, yang katanya bawa persembahan buat gunungnya. Entah apa maksudnya atau kode dari bapaknya.. Kayaknya sih semacam minta petuah gitu-gituan lah.. Trus juga kata bapaknya kalo nemu ayam item ato putih atau telor atau jeruk suruh ngambil aja.. "Ada manfaatnya!" Kata bapaknya.. Juga di atas sana akan ada sumber air kalo ngambil bawa turun dan buat yang percaya bisa "bermanfaat" juga katanya.. bisa menyembuhkan penyakit.

Oke, makan selesai mampir di ATM dulu buat ngambil duit yang bakalan buat bayar penginepan sama beli air buat muncak. Dan done! Saat ya lanjut perjalanan ke kaki gunung Pusuk Buhit meliwati jalan yang muter-muter dan ga karuan terjalnya.. Udah gitu jalanya kecil. Kami bertiga off road pake motor butut boleh nyewa di penginepan tadi. Ga ada siapapun untuk di mintai tanya.. Jalan cuman via insting doang.. Daaan akhirnya nemu sebuah desa.. Sigulati nama desanya.. (Padahal awalnya tanya2 pas masih di jalan sebelum makan suruh menuju desa Sianjur Mula-Mula.) ketemulah sama bapak-bapak yang lagi ngangon sapi. Kami tanya sama bapaknya untuk naik ke Pusuk Buhit lewat mana, si Bapak bilang motornya tinggal trus suruh lewat jalan melipir samping rumah, kami pun nurut aja.. Dan eng ing eng... 400 m jalan nggak ada jalan kelihatan buat muncak. Kemudian 3 orang pekok ini memutuskan untuk naik gunungnya vertical men... Trust me bukan tinggi gunungnya yang bikin sulit.. Medanya bener-bener vertical nanjak tanpa terlihat bekas pijakan. Tapi banyak banget jejak sapi sama e'e'k nya sapi.. Dasar 3 orang pekok, asal hajar aja naik gunungnya vertical dan di penuhi ilalang setinggi 2 meteran.. Sampai beberapa kali balik ganti rute karena emang ilalangnya ga bisa di tembus..

vertical climbing on pusuk buhit..

Daaaannn akhirnya setelah 2 jam lebih tangan kaki beset berdarah gara-gara ilalang tajem-tajem kita sampai juga nemu jalan yang bisa di lalui (baca:jalur bener) oke lah semangat naik, udah nemu jalan setelah vertical kurang lebih 800-900 meteran. Lanjut naik ternyata melewati kayak danau yang ada sumber airnya men.. (Yang di ceritain sama bapak2 tadi) oke botol gw tinggal satu yang satu udah kosong. Gw ambil tuh air satu botol gw cicip,, airnye adem seger kayak sunur di rumah gw yang di jogja - Gunungkidul. Dan kita juga istirahat di situ sambil makan snack yg di bawa..

Danau kecil yang angker men...

Pas nglewatin danau men, gw kira cuman gw yang tiba-tiba merinding disco.. Selain danaunya ketutup ilalang sama rumput dan kalo di injek mentul-mentul gitu.. Emang aura mistiknya kerasa banget men.. Di danau itu juga ada kyak meja persembahan gitu.. Trus ada bekas-bekas penyembahanya juga gitu.. Epic dah pokoknya..

danau kecil berarir penuh persembahan sebelum sampai puncak dr pusuk buhit... Merinding men kalo kesini...

Ok, lanjut naik lagi sekitar 800-900 an meter juga udah sampai puncak, tapi tenang men.. Kita udah nglewatin jalan setapak ya bener.. Ga ada lagi cerita tentang tangan kaki beset gegara ilalang tajem.. Si suguhi kabut dan pemandangan danau toba dari atas yang super duper awesome... Dan kami pun foto-foto.. Biar inget aja kalo pernah ke tempat se keren ini.. Trus istirahat sambil bercanda dan makan snack, kita juga ketemu sama yang lagi nge-camp 2 orang. Sekitaran sejam kami di atas trus turun lagi memyusuri jalan yang tadi. Setelah melewati sumber air tadi, jeng jeng jeeeennnggg... Mau milih jalan setapak yang sudah hampir setaun dua taun tidak di lewati atau lewat jalur vertical tadi yang setengah mati kita naiki tadi... Dan akhirny pilihan jatuh pada jalan setapak penuh dengan semak belukar.. Telusur-terus telusur tak kunjung menemukan jalan yang enak untuk di lalui.. Dan udah di pastikan kami nyasar.. Karna jalan setapaknya juga hilang tertutup tingginya ilalang.. Kami teurs menyusur ke arah yang terlihat seperti ada jalan. Namun nihil, bekas aliran air apabila hujan turun sama jalan setapak tak bisa dibedakan.. Haripun semakin gelap.. Headlamp on, kami sudah mulai lelah air habis (tinggal air boleh ngambil di atas tadi) suasana makin mencekam.. Jalan tak terlihat lagi.. Tenda kami tak bawa.. Karena emang niatnya ga mau nge camp.. Cuman muncak turun terus udah pulang ke penginapan. Kami mulaienyisir apapun yang terlihat dan sekiranya bisa di lalui untuk turun kami lalui.. Naik 3 jam secara vertical perkiraan turun mungkin menemukan jalan 1-1,5 jam.. Tapi ternyata turunya 3 jam an juga dalam kondisi gelap gelapan.. Dan boleh peracaya boleh tidak kami menemukan jalan keluar menuju desa sigulati setelah air yang kami ambil dari puncak pusuk Buhit tadi gw buang.... Masih dengan bulu kuduk yang sebentar-sebwntar merinding.. 5 menit setelah kami mbuang air itu kami membuka ilalang yang sangat tinggi dan legaaaaaa... Di bawah ilalang itu ada jalan ke arah desa si gulati.. Terjal dan licin tentu saja.. Habis hujan... Dan akhirnya setelah 400-500 meter kami berjalan di jalan kampung yang super duper terjal berbatu segede kepala kingkong, kami tiba di tempat kami nitipin motor.. Ah satu babak epic sudah terlewati...

bbbzzzzzzzzzzzzz......

Asik Foto-foto sendiri-sendiri.. :))

altar persembahan di pucuk pusuk buhit..

sok petualang gw..

Belum cukup kami setengah gila teringat cerita bapak penjual warung muslim tadi kalo cerita yang serem dan mistis bin aneh, kami masih hatus jalan kembali menuju penginapan yang jaraknya sekitar 65km.. Kami tanya sama bapak yang kami titipi motor, beliau mengarahkan ke jalan yang ternyata sepanjang jalan itu terjal dan hampir 20km panjangnya.. Uuuuhhh perjuangan belum berakhir kawan... Kami kembali menyiksa motor butut yang kami sewa tadi.. Angin segar dan lega terasa ketika kami sudah kembali mampir ke warung muslim tadi menceritakan pengalaman kami dan memesan mie rebus telor.. Uuuuuuuhhhhh... Nikmatnya dunia... But that was fun and awesome...

Saat menuju perjalanan pulang ke penginapan, karena capek kami memacu motor agak sedikit lebih kenceng.. Udah telat batas sewa motor coooyyyy... Dan masih ada aja halangan ketika gw yang nyetir jalan gelap karena samosir minim penerangan.. Gw nabrak lubang jalan sampai aqua yang di tarus di motor bag depan terlempar. Kami harus berenti dan ngambil.. Oke lanjut jalan 4-5km ban kami bocooooorrrr... Akhirnya gw pindah bonceng motor tang satunya dan yang satunya di paksa jalan karena emang semua tambal ban udah tutup.. Gila aja men.. Di tengal kampung yang super duper masih kampung dan hampir tengah malam.. Sunyiii.. Mana ada tambal ban buka... Dan begitu leganya terasa ketika sudah sampai penginepan dan balikin motor, minta maaf sama pemilik dan bayar ganti rugi ban bocor. Sekaligus bayar penginepan karna pagi2 besok harinya sudah harus ngejar kapal untuk pulang ke batam..

Fiuh.. The battle on pusuk Buhit finally done and the battle damage appears.. But awesome trip guys.. I can not did it without you.. Tirta and Dipo!