LazyDyno

01.   The Concept

Lazydyno , Berawal dari sebuah refrensi menonton Monster.Inc buatan Disney pixar. Character Boo memakai kostum monsternya saat di dunia monster,



kemudian dalam pikiran saya terlintas sebuah karakter. Ya.. bisa di bilang cukup pasaran juga ya,, hehehe.. anak kecil pakai kostum tertentu… XD


Kemudian kenapa di sini saya memilih mengadopsi karakter dinosaurus yang saya plesetkan menjadi Dyno dan kemudian menjadi lazydyno, karena dari sebuah ikon dinosaurus sendiri terilah garang… hehehe, jadi menurut pendapat saya dino ini nakal, tapi ya sebatas nakalnya anak-anak, oleh karena itu saya membuatnya chibi (child body). Dan Mungkin teman-teman juga ada yang berpikir “trus kenapa ada lazy nya?” hehehe.. Oke, Lazy itu memang sebenarnya karakter si pembuat karakternya sendiri,, karena saya termasuk orang yang malas sebenarnya,, tapi maunya hidup enak.. XD. Jadi bisa di bilang si lazydyno ini adalah karikatur diri saya sendiri dengan elemen-elemen dan refrensi yang saya suka.. hehehe…


Warna Hijau yang saya pakai sebenarnya juga punya tujuan lho, saya pingin menggalakan penghijauan di bumi ini… bisa saya ceritakan sedikit, ini adalah bentuk kesadaran saya sebagai bocah ndeso yang kebon pekaranganya udah ludes pohonya,,, L Dulu semasa kecil maen-maen petak umpet dsb masih di pohon, angin sejuk selalu berhembus ketika siang hari, kalo sore banyak capung, dan kalo malem banyak kunang-kunang… sekarang hilang semua.. T_T
Kemudian saya bubuhi totol warna kuning cuman tambahan aja sih biar dino-nya semakin lucu aja.. ga ada tujuan dan maksud apapun.. XD




Dulu saya pernah di minta pihak SMK tempat saya belajar untuk presentasi tentang animasi ke Jakarta  (wuiesh…  Jakarta men… XD) pada taon 2009 pertengahan kalo ndak salah, namun karena suatu dan lain hal, akhirnya memang saya tidak jadi kesono.. XD tapi ada temen saya yang memang kebetulan lebih siap dan lowong waktunya akhirnya yang maju.. XD Nah sebenarya pada presentasi itu saya pingin memebawa konsep si lazydyno ini.. tapi apa mau di kata, semua yang telah berlalu biarlah berlalu.. hehehe..

02.   The Story
Basic cerita yang ingin saya berikan adalah sisi hidup noir yang saya punya, karna saya termasuk orang yang koleris, dan tidak memiliki banyak teman, dino ini adalah cermin dari kejadian-kejadian atau suatu perasaan yang saya alami, walaupun sedikit tambahan efek mendramatisir,, XD. Si lazydyno ini adalah seorang anak, yang memang hidup di desa, karena tingkat ekonomi yang tidak terlalu bagus, orang tuanya yang hanya buruh serabutan tidak pernak mendidik selayaknya orang tua yang lain, anak desa yang teracuhkan dan terdidik dari orang-orang bermental payah di sekitarnya, dalam kesendirian dan teman-teman fantasinya. Namun bagaimana si lazydyno bisa menjalani hidup. Nantikan kisahnya.. :)

03.   Modeling

Modeling adalah proses mematung di sebuah 3d software dan mentransfer model sheet 2D yang masih berada pada kertas atau berbentuk gambar aja menjadi gambar yang seakan-akan mempunyai kedalaman, saya menguunakan software 3d max kebanyakan, seperti proses wayang, yang mempunyai boneka dan mempunyai penggerak. Sama.. di dalam animasi 3D juga membutuhkan yang namanya model untuk nanti di isi Tulang pada progress Rigging, dan ini hasil modelingan si lazydyno yang sudah saya buat.. :)







 

04.   Animation
Proses animasi adalah proses dimana setelah Proses modeling selesai dan masuk kepada tahap texturing dan tahap riging dan tahap morphing (maaf untuk ketiga hal tersebut saya masih belum begitu mahir dalam menjelaskanya). Namung secara singkat menurut saya, tahap texturing adalah tahap dimana object di beri warna atau seperti dicat agar sesuai dengan konsep. tahap Rigging adalah tahap dimana si object atau karakter di masuki tulang untuk kemudian bisa di gerakkan dalah tahap animation, dan tahap morphing adalah tahapan dimana saya membuat morph target expresi si lazydyno berikut. Tahap animasi atau animation yaitu proses penggerakan karakter dari pose ke pose sesuai dengan prinsip2 animasi yang biasa di gunakan, ada beberapa prinsip animasi yang memang sering di gunakan antara lain : ada staging, pose to pose, overlapping action, arcs, stretch and Squash, timing, dan lain sebgainya.. kemudia berikut adalah salah satu tahapan saya dalam membuat 3d animation si lazydyno berikut, dari bloking pose, sampai polishing.. Enjoy.. :)





Kemudian ini finalnya.. :)

4 comments:

  1. manteb konsepnya masbro :D tinggal nunggu animasinya ma envinya kalau gitu :D hehehe ditunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih ibu Ratna Miranti.. :)

      Delete
  2. Replies
    1. terimaksih Ibu Dewi Yolandawati.. saya masih tahapan belajar.. :)

      Delete