Friday, June 05, 2015

Samosir Meen.. #1

Berawal dari Tirta keberangkatan menuju batam udah bawa rencana ke samosir, dan juga Dipo yang emang maniak pecicilan dan seneng hidup di rimba, dan gw juga yang baru mulai menggandrungi kegiatan outdoor beberapa tahun terakhir ini semangat nya muncul denger ide gila ini.. Trip ke samosir ala backpaker men.. Hahaha...

bandara hang nadim - batam


Hari pertama.. Terbang dari bandara hang nadim batam jam 5an sore sampai di medan Kuala namu sekitar jam 6an.. Langsung di samperin sama tukang rental mobil gara2 gw salah ngomong pake bahasa jawa.. Dan dia punya orang tua jawa juga.. Habis itu kita makan di emperan bandara nasi sama telor balado... Widih... Biar si kata murah meriah.. Mantepnya bukan maen rasanya.. Emang dasarnya pada laper...

kenalin nih temen pecicilan gw ke samosir nyang jacket ijo namanya Dipo panggilan kerennya "nomansnodead" yang pake baju kotak-kotak Tirta panggilan kerennya "Kamchu"


Oke next step adalah mau kemana sedangkan catetan kita kemarin ilang ntah kemana. Destinasi dan segala tetek bengek nya.. Kita niatnya nyegat biss damri yang arah ke kota medan.. Dan kita ga tau kotanya sebelah mana.. Asal aja ... Tiba-tuba setelah sampai di tempat entah kemarin apa namanya kita di suruh turun sama kondekturnya.. Dia bilang "bis nya mau belok kesono kita ndak lurus" dan terlantarlah kami bertiga.. Akhirnya nyari angkutan untuk yang ke daerah parapat buat nyebrang ke samosirnya men.. Kami dapet travel yang super duper epic seharga 45 rebu akan menempuh perjalanan 4 jam dari tempat itu ke parapat.. Sambil ngitung timing dan nyari masjid buat sholat kami ke kota dulu, di tunjukin mesjid gede banget tapi sayang mesjidnya di kunci ga bisa sholat dan masuk ke dalem, terus akhirnya ke lapangan merdeka medan, yang katanya jualan makan-makanan.. Tapi pas kita dateng eng ing eng... Adanya cuman mahasiswa mahasiswi pada bersih2 sampah sisa jualan.. Mampus dah kagak ada apa-apa.. Akhirnya cuman muter-muter karna udah janjian jg sama bapak supir taksi tadi buat jemput lagi..

Lapangan Merdeka - Medan Kota
lapangan merdeka dari depan.


Oke balik lagi dari lapangan merdeka ke tempat tadi beli tiket travel 45 rebu ke arah parapat. Trus waktunya udah menunjukan pukul 23:00 waktunya berangkat... Ok, kalian pasti ga tau apa yang kami rasakan masuk travel tersebut.. Setelah carrier di masukan bagasi, masuk jleb jleb jleb... Kami dapet kursi tengah sempitttt... Perjalanan di mulai dan kami ngantuk ga bisa tudur karna travelnya berasa kayak naik angkot di jalan yang bergelombang-gelombang.. Udah gitu, kursi depan pada di tekuk ke belakang kami makin sempiiiiittttt... Dan di tambah lagi bapak supir travel serasa angkot tersebut nyetel musik lagu batak kuencengggg... Mana kami bisa tidur. Tapi heran ya,, depan sama belakang pules amat... Udah nyetirnya ugal-ugalan.. Maklum sopir batak terkenal kenceng dan extrem kalo nyetir mobil men.. Mending merem aja dah.. Walaupun ga tidur juga...

travel yang bakalan tak terlupakan sepanjang sejarah gw pecicilan

Jam memunjukan pukul 03:sekian kami sampai di daerah parapat.. Masih bingung mau kemana jam 3 pagi dinginya menusuk tulang.. Alhasil sampai menunggu waktu buat nyebrang ke samosirnya kita pada ngemper di depan mesjid sambil nunggu subuh, dan ikut jama'ah subuh.. Setelah subuh numpang ngemper tidur di mesjid 30an menit. Terus Si tirta ngajakin ke warung deket mesjid, kami pun makan mi instan sama ngopi dan nge teh.. Wis mantepnya meeen... Sampe udah bisa jalan kurang lebih pukul 05:sekian kami lanjut menuju pelabuhan tigaraja untuk nyari kapal nyebrang ke pulau samosir dan turun di daerah tomok..




abis sunat mas?
pelabuhan 3 raja - parapat

Bengong di Pelabuhan 3 raja - parapat
kapal di samosir udah kayak angkot men

 Setelah nyebrang kami mampir di warung ibuk-ibuk lupa namanya yang baik banget menyambut kami dengan gembira, sekalian numpang boker men.. Kagak tahan gw.. Dan begitu selesai makan sama minum teh anget juga selesai boker.. Hujan turun.. Breess bresssss breeeessss... Campur angin danau masuk ke rumah warung ibuk yang kami tumpangi untuk neduh sambil Tirta-Dipo sarapan dan gw boker sama nge-teh doang.. Alhasil kami neduh sambil bercengkrama sama ngobrol kesana-kesini sama ibuk-ibuk dan benerapa tukang ojek di tempat itu.

Sarapan dulu cuy..


Hujan berhenti saatnya meneruskan perjalanan. Kita pada ngelilingin daerah tomok men.. Di sana ada makan raja batak, ada museum batak, di sepanjang jalan juga di penuhi orang jualan oleh-oleh danau toba sama pernak-pernik macem-macem lah men... Ada juga museum si gale-gale kentongan yang super duper panjang dan besar... Semuanya asli kebudayaan batak men.. Ada juga monyet pekok di deket museum batak tomok. Haha..






monyetnye doyan sama kacang atom sukro.. :v


Selesai dari museum dan muter2 daerah tomok kita mengarah ke air terjun yang entah apa namanya.. Oke jalan broooooo.... Sampailah di sawah-sawah jalane menuju air terjun.. Dan naik lagi menuju air terjun kami di sapa sama nenek-nenek.. "You friend? Family? Brother.. Brother??" Gila aja men di tengah kampung super duper pelosok gini ada yang nanyain kita pake bahasa inggris.. Hahaha.. Kita jawab pake bahasa inggris agak medhok "no we pal" "only three" dia malah panggil lagi lokal pak cik? Lhaaaaaaaaaaaaa... Emang kita orang udah mirip bule?? Haha.. Lanjut lagi jalan dikit kita pada istirahat sebelum naik yang sebenernya ke air terjun entah apa namanya.. Sambil minum kita di lirik terus sama bapak-bapak yang merasa asing dengan keberadaan kami neduh dan ngemper si deket situ..  Kamipun tanya jalan untuk ke air terjun sama bapak tersebut, beliau menunjukan 2 jalan agak nggak jelas sih.. Jadi asal cabut aja kita.. Baru beberapa langkah anjing gongong keras banget... Hahaha.. Kaget gw sumpah.. Trus lanjut naik lagi... Dan nyasarrrr... Tapi masih aman, belok dikit udah balik ke jalur yang di tunjukin bapaknya yang di maksud yang satu lagi.. Oh iya men gw belum nyebut dari tadi, Lu kalo pada ke samosir jangan heran di mana-mana kuburan guede-guede tersebar di sembarang tempat.. Megah-megah.. Dan buat kalian yang muslim extra hati-hati kalo mo nyari makan, mayoritas penduduk samosir penganut katholik dan kristen protestant, tau juga kan kebiasaan orang batak mereka ternak anjing dan babi untuk di potong dan di makan.. Ok, sampe mana tadi?, yah.. Anis naik lagi trus ketika kami iatirahat lagi.. Tiba-tiba entah muncul dari mane ada bule nongol dari belakang dan nyelip penjalanan ke air terjun itu.. Gila kita pada pake sepatu trakking tuh bule cuman bawa sandal crocs.. Dan setelah naik sekitar 2-3 jam sampailah di air terjun yang entah apa namanya itu.. Ngeliatin dari agak bawah tuh bule udah poto-poto cekrak-cekrek pake kamera poket yang di bawa.. Karna penasaran dipo ikut naik ke atas yang mentok ke pancuran, trus gw juga ikut penasaran gw naik juga, barengan sama tuh bule malah turun. Gw tanyain tuh si bule.. "Go down yet?" Dia njawab "a ha" " carefull if you go up there, it's slippery" sambil ninjukin dia abis kepleset sampe baret-baret... Trus gw bilang "ok" dia nyaut lagi "because I use a cool sandal" dan gw tertawa.. Bulenya juga ketawa trus lanjut turun.. Jelas aja mister.. Ente naik air terjun cuman pake sendal crocs doang... Wakakaka... Setelah gw sampe atas Tirta akhirnya juga ikut naik ke atas dan kita bertiga foto-foto..

ngemper sebelom naek

jejak si gondrong

ngisis

aim for higher..

narsis bertiga..




Saatnya turun, ketika turun udah pada langsung turun aja waktunya juga relatif singkat paling sekitar sejam doang.. Trus sampe bawah sambil istirahat kita pada liatin kebo yang di tali di sawah.. Ternyata seru juga men.. Hahahaha.. Sambil di datengi bapak-bapak kepo liat orang asing bawa tas gede-gede ngemper di pinggir sawah sambil poton kebo.. Setelah capek ilang keinget ga begitu basah kami lanjut jalan ke daerah tuk-tuk buat nyari penginapan sama makan, tapi sebelumnya mampir dulu ke padang rumput yang kayaknya biasa buat ngangon sapi, tapi bodho amat gw tidur2an aja di sana.. Eh malah ketiduran beneran.. Begitu melek Tirta ilang.. Yang tadinya tiduran bertiga tinggal Dipo doang yang ada di samping kiri Gw, oke bangun trus pangil-panggil tuh anak.. Tenyata ngelolyir ke atas bukit poto-poto sendiri.. Wah wah wah... Udah bikin panik nih anak ilang tinggal carrier nya doang... Langsung lanjut ke tuk-tuk nyari penginapan, dan kami dapat penginapan yang harga per malam nya cuman 100 rebu untuk 3 orang. Penginepanya namanya "Liberta - Homestay and restaurant" cuman tau ga men... Kamar mandinya kagak ada pintunyeeeeee.... dafuq... Tapi bodho amat lah orang emang sengaja nyari yang paling murah asal bisa tidur. Kalopun pake sleeping bag pun ga masalah.. Hahaha.. Setelah ngurus tetek-bengek nya buat nginep, kita nyari makanan dirumah makan muslim punya orang jawa daerah tuk-tuk.. Dan balim penginapan tidur pulessss.. Tirta tidur seranjang ma gw dan Dipo di atas sendirian..


keboooo....

keboooooooooooo....

ada padang rumput men.. numpang tidor bentar.. :D
depan kiri

samping kanan 5 menit kemudian ilang.. :v

Hari pertama yang melelahkan.. :D

baca juga:
Samosir Meen.. #2
Samosir Meen.. #3
Samosir Meen.. #4

No comments:

Post a Comment